Laman

Rabu, 15 Juni 2011

Black is Magic

"Black is Magic"

Itu lah kalimat yang (seharusnya)saya keluarkan waktu ditanya tema apa yang bagus untuk pameran pertama generasi Light Photophoria di satu-satunya UKM fotografi di Universitas Pendidikan Indonesia. Tapi pada kenyataannya saya malah bilang "Black Magic" maklum saat itu English saya kacau balau, jadi gak tau kalau black magic itu ilmu hitam, haha. Padahal yang sebenernya maksud saya adalah "Black is Magic".
Kenapa saya milih tema tersebut?
Karena dalam fikiran saya. Hitam itu ajaib! Hitam itu fotografi sekali. Dari hitam sebuah warna akan terlihat 'muncul'. Dengan hitam, proses melukis cahaya dapat terlihat dengan jelas.
Hal itu juga penuh dengan filosofi. Hitam seperti mengalah demi warna lain terlihat benderang. Namun, tanpa warna hitam, warna lain akan kurang terlihat keberadaannya.
Hitam mengingatkan kita bahwa tidak selamanya duka itu adalah penderitaan. Tanpa duka, kita tidak akan pernah tahu apa arti dari suka, senang dan bahagia. Itulah rahasia Allah menciptakan 'hitam'. Agar kita bisa merasakan 'putih dan warna-warna terang' lainnya di dunia ini.

Ini adalah foto yang saya pamerkan di pameran Light Photophoria pada waktu itu.

"Cahaya Hati" - Di tengah 'kegelapan' dan kebimbangan kita akan sesuatu, hanya hati yang akan memberikan kita 'cahaya' dan jawabannya. Hati mampu melihat di dalam kegelapan.

Tidak ada komentar: